0
                                    Proses pembuatan bulu mata palsu memerlukan ketelitian.

HAB industri pembuatan bulu mata palsu antarabangsa terletak di Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia namun upah diterima tidak setimpal dengan tenaga dicurahkan.

Proses membuat bulu mata palsu daripada rambut asli dan palsu ini juga rumit kerana kilang di bandar ini tidak menggunakan alat berteknologi tinggi. Bagaimanapun, setiap helaian rambut asli perlu direbus dan diwarnakan terlebih dahulu.

Ia kemudiannya dipotong kira-kira 20 hingga 25 sentimeter sebelum dikait pada benang plastik nipis. Selepas itu, bulu mata palsu akan 'diseterika' dan digulungkan mengikut lentikkan bulu mata dikehendaki sebelum ditempatkan dalam bekas pemanas untuk proses terakhir.

Kira-kira 100,000 pekerja syarikat PT Royal Korindah mendakwa, mereka tidak mendapat gaji setimpal walaupun industri itu menghasilkan produk untuk jenama terkenal bagi pasaran antarabangsa.

Mereka hanya diberikan upah 180 rupiah (60 sen) bagi setiap pasang bulu mata palsu atau 896,500 rupiah (RM260) sebulan iaitu kurang daripada separuh kadar gaji minimum yang ditetapkan di Jakarta. - THE GUARDIAN

Cara Membuat Bulu Mata Palsu


Langkah pertama dalam cara membuat bulu mata palsu Scarlet adalah pemilihan bahan baku. Scarlet hanya menggunakan rambut manusia yang kondisinya sudah diseleksi secara sangat ketat.
Rambut manusia memang sengaja dipilih sebagai bahan baku agar bulu mata palsu yang dibuat benar-benar terasa lembut, lentur dan ringan. Selain itu penggunaan rambut manusia juga akan membuat pemakainya terhindar dari resiko iritasi atau alergi yang bisa timbul bila pemakaian bahan sintetis

Cara Membuat Bulu Mata Palsu: Langkah II


Bulu Mata Scarlet dibuat dalam berbagai tipe karena perempuan Indonesia memiliki bentuk mata yang berbeda-beda

Langkah kedua dalam cara membuat bulu mata palsu Scarlet adalah membuat desain bentuk bulu mata palsu yang sesuai dengan bentuk mata perempuan Indonesia.  Hal ini penting karena para perempuan di Indonesia memiliki bentuk mata yang berbeda-beda sehingga membutuhkan bulu mata palsu yang berbeda-beda pula.
Sebagai contoh; mata sipit membutuhkan bulu mata palsu berlapis atau yang menebal di bagian luar. Sebaliknya, mata besar membutuhkan bulu mata palsu tipe individual lashes yang akan membuat mta terlihat lebih proporsional.

Cara Membuat Bulu Mata Palsu: Langkah III


                                               Bulu mata palsu yang sudah jadi; siap untuk dikemas dan dipasarkan
Langkah terakhir dalam cara membuat bulu mata palsu Scarlet adalah proses packing dan labelling. Setiap tipe bulu mata palsu yang diproduksi harus diberi kode untuk mempermudah pembuatan katalog. Setelah itu setiap produk akan dimasukkan dalam kemasan lalu siap untuk dipasarkan.
Produk-produk Scarlet telah menjadi kegemaran perempuan Indonesia sejak 1998 karena terjamin dalam hal kualitas, kenyamanan dan variasi model yang bisa memenuhi kebutuhan perempuan Indonesia yang manapun.

Post a Comment

 
Top